Pemanfaatan Media Animasi dalam Menerapkan Nilai-Nilai Fiqih pada Siswa MI NU Bulurejo dan SD Muhammadiyah 11 Kradenan

Authors

  • Moh. Zakky Syifaana Arrozi Universitas Alma Ata Author
  • Aida Hayani Universitas Alma Ata Author

Keywords:

Media, Video Animasi, Nilai-nilai Fiqih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat di era globalisasi, yang telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Di Indonesia, banyak sekolah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan proses belajar mengajar, namun masih terdapat kendala dalam penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. Penggunaan media video animasi sebagai alat bantu pembelajaran dianggap mampu meningkatkan pemahaman dan minat siswa, khususnya dalam mata pelajaran fiqih yang sering kali dianggap abstrak dan sulit dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan media video animasi dalam menerapkan nilai-nilai Fiqih pada siswa MI NU Bulurejo dan SD Muhammadiyah 11 Kradenan menunjukkan peningkatan dalam minat, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Tahapan persiapan melibatkan pemilihan dan penyusunan video animasi yang relevan, serta koordinasi dengan guru. Selama tahap pelaksanaan, video animasi digunakan sebagai alat utama untuk menyampaikan materi, diikuti dengan diskusi kelompok dan presentasi. Sehingga menunjukkan bahwa media ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman, minat, dan keterlibatan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif, serta membantu siswa memahami konsep-konsep Fiqih dengan lebih baik dibandingkan metode ceramah tradisional. Kemudian dalam penelitian juga menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah 11 Kradenan lebih unggul dibandingkan dengan MI NU Bulurejo terkait dengan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapatnya didepan kelas, serta dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N., & Jannah, L. Z. M. (2023). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SKI. 3(4).

Apriansyah, Muhammad Ridwan. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” Jurnal PenSil 9, no. 1.

Azis, M., & Mustakim, Muh. (2023). Peran Guru Fiqih dalam Pembiasaan Keaktifan Shalat Berjamaah Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kulon Progo, Yogyakarta. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 15–21. https://doi.org/10.58835/ijtte.v3i1.135

Djamarah, Syaiful Bahri. Aswan Zain | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (t.t.). Diambil 4 Oktober 2023, dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676.

Farida, Emalia. 2019 “Inovasi Pendidikan Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Dalam Upaya Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Ginting, S. F., Syahputra, J. A., & Zulfran, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Animasi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Terhadap Hasil Belajar Siswa. International Conference Communication and Sosial Sciences (ICCOMSOS), 1(1).

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.

Haryoko Sapto, dkk. 2021. "Analisis Data Penelitian Kualitatif",Makasra: Penerbit UNM .

Hayani, A., Fahmi, F., & Putri Marpaung, R. C. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Hots Character Education Strengthening in Hots-Based Learning. FIKROTUNA, 11(01).

Lestari, Sudarsri. 2018. “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI.” Edureligia 2, no. 2.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nisa, S. K. (2021). Penerapan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV [Diploma, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA].

Sekretariat Negara RI, Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, hal. 20

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemanfaatan Media Animasi dalam Menerapkan Nilai-Nilai Fiqih pada Siswa MI NU Bulurejo dan SD Muhammadiyah 11 Kradenan. (2024). Jurnal Wisdom : Kajian Multidisipliner, 1(1). https://journal.bezelwisdom.com/index.php/wisdom/article/view/6