Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran PAI di MAN 2 Yogyakarta

Authors

  • Tsaaniyatush Shoolihah Fauzan Universitas Alma Ata Author
  • Aida Hayani Universitas Alma Ata Author

Keywords:

Mobile Learning, Android, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, MAN 2 YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi mobile learning berbasis Android sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 2 Yogyakarta. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet semakin meluas di kalangan pelajar. Penelitian ini mengeksplorasi peluang pemanfaatan aplikasi Android sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru PAI, siswa, dan pihak terkait di MAN 2 YOGYAKARTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mobile learning berbasis Android dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Aplikasi Android yang digunakan menyajikan materi pelajaran dalam format multimedia yang menarik, disertai dengan kuis, latihan soal, dan fitur diskusi online. Selain itu, mobile learning juga memungkinkan pembelajaran yang fleksibel di mana siswa dapat mengakses materi kapan pun dan di mana pun. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala dalam implementasi mobile learning, seperti keterbatasan infrastruktur jaringan internet di sekolah dan masalah terkait penggunaan smartphone yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan penggunaan mobile learning dengan menyediakan panduan dan pelatihan bagi guru serta melibatkan orang tua dalam pengawasan penggunaan perangkat mobile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Adhi Susilo, Exploring Facebook and Whatsapp As Supporting Social NetworkApllications For English Learning In Higher Education, Bandung: Widyatama, 2014

Agus Purwanto, Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android

Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi Iman Kepada Allah Untuk Peserta Didik Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Pendidikan, Vol. 28, No. 2 (Juli 2019).

Aida Hayani & Yanti, “Penerapan Konsep Ta'dib Naquib Al-Attas Dalam Pendidikan Keluarga Di Era Society 5.0”, Jurnal Tarbiyah Almuslim Vol. 1 No.2, 2023

Andi Taufik dan Fattya Ariani, Perancangan Mobile Learning untuk Meningkatkan dan Menarik Minat Belajar Ilmu Nahwu Berbasis Android, Jurnal SATIN (Sains dan Teknologi Informasi) Vol. 6, No. 1 (Juni 2020).

Anwar Sutoyo, Manusia dalam Perspektif al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Arsip Dokumen SMK Wahana Karya Surbaya. 25-11-2020.

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Bahar Nur Batubara, Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Android di SMA U2 Yogyakarta (Tesis diterbitkan di Pascasarjana Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017).

Choki Barhomi, e Eff ectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity teory on Students‟ Knowledge Mangement, Contemporary Educational Technology, Vol 6 (3).

Dibyo Dinarwo, Wawanacara, Kepala Sekolah SMK Wahana Karya Surabaya, 26-11-2020.

Ibnu Purnomo, Wawancara, Guru PAI SMK Wahana Karya Surabaya, 27-11-2020

Lexy J. Moleong, Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.

Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Musahrain, Nunuk Suryani dan Suharno, Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran, Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone, Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret (2017)

Nahdliyyatul „Azimah dan Rahman Hakim, Eksplorasi Pembelajaran M-learning Fiqh pada Masa Pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurnal Atthulab: Islamic.

Religion Teaching & Learning Journal, Vol. 5 No. 2 (2020).

Salim, A. & Hidayah, N. The religius moderation values in Islamic school implementing during covid -19 at MAN 1 Bantul and MA al-Mahalli. AMCA J. Relig. Soc. 1, 42–46 (2021).

Salim, A. Islamic Religious Education (PAI) Learning Based on The Independent Curriculum of Elementary School at Yogyakarta. Ta’dib 26, 199 (2023).

Salim, A., Dillah, I. U. & Susilowati, I. T. Islamic Boarding School Response to the Impact of COVID-19 in Maintaining the Pesantren Values. Int. J. Islam. Educ. Psychol. 2, 177–190 (2021).

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran PAI di MAN 2 Yogyakarta. (2024). Jurnal Wisdom : Kajian Multidisipliner, 1(1). https://journal.bezelwisdom.com/index.php/wisdom/article/view/2